Pages

Tuesday, September 22, 2015

MORFOLOGI TANAMAN BUAH TOMAT

MORFOLOGI TANAMAN BUAH TOMAT

Tomat (Solanum lycopersicum) merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan dengan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.

Dibidang genetika, telah ditemukan bermacam – macam jenis tomat dengan keunggulan yang berbeda – beda, sehingga petani dengan mudah dapat menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan kesenangannya. Dibidang tehnik bercocok tanam telah ditemukan satu paket teknologi yang dapat meningkatkan pendapatan. Dibidang penanganan hasil panen, buah tomat dapat diolah menjadi bermacam – macam bentuk olahan, seperti saus, jus, sambal, minuman , dan sebagainya. Pemanfaatan buah tomat yang beragam memberi peluang pemasaran yang sangat luas.

Artikel ini dibuat untuk memberikan informasi tentang ciri – ciri morfologi tomat agar kita dapat mengenali tanaman tomat secara rinci seperti bentuk, ukuran, dan sebagainya. Dan juga dapat memberikan informasi tentang jenis – jenis serta manfaat yang terkandung dalam buah tomat


Tomat dan Penyebarannya
Tomat berasal dari bahasa Aztek, salah satu suku Indian sekitar 700 SM, yaitu xitomate atau xitotomate. Tanaman tomat ini berasal dari Peru dan Ekuador di Amerika Selatan. Konon di Amerika tomat tersebar dengan cepat karena dimakan burung dan kotorannya menyebar ke mana-mana. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania. Dalam waktu singkat, tomat menjadi buah wajib di setiap dapur orang eropa.

Bicara soal jenis, didunia ini tak kurang dari 400 jenis tomat yang ditanam oleh para petani. Tak heran, wujud tomat bisa sangat beragam. Ada yang warnanya merah, kuning, hijau, bahkan loreng. Tomat yang loreng ini biasa disebut 'tomat zebra'. 

Tanaman ini dapat hidup baik dataran tinggi maupun dataran rendah, tergantung pada jenis varietas tanamannya. Akan tetapi kualitas tanah, banyaknya sinar matahari dan curah hujan ikut mempengaruhi pertumbuhan tomat. 




Mengetahui Morfologi Tanaman Tomat
Tanaman tomat termasuk tanaman semusim (berumur pendek). Artinya, tanaman hanya satu kali produksi dan setelah itu mati. Tenaman tomat berbentuk perdu yang panjangnya mencapai ± 2 meter. Oleh karena itu tanaman tomat perlu diberi penopang atau ajir dari turus bambu atau turus kayu agar tidak roboh ditanah tetapi tumbuh secara vertikal.

Berikut ini morfologi tanaman tomat :

Morfologi Akar 
Tanaman tomat memiliki akar tunggang yang tumbuh menembus kedalam tanah dan akar serabuat yang tumbuh ke arah samping tetapi dangkal. Berdasarkan sifat perakaran ini, tanaman tomat akan dapat tumbuh dengan baik jika ditanam ditanah yang gembur dan porous.

Morfologi Batang
Batang tanaman tomat berbentuk persegi empat hingga bulat, berbatang lunak tetapi cukup kuat, berbulu atau berambuat halus dan diantara bulu – bulu itu terdapat rambut kelenjar. Batang tanaman tomat berwarna hijau, pada ruas – ruas batang mengalami penebalan, dan pada ruas bagian bawah tumbuh akar – akar pendek. Selain itu, batang tanaman tomat dapat bercabang dan apabila tidak dilakukan pemangkasan akan bercabang banyak yang menyebar secara merata.

Morfologi Daun
Daun tanaman tomat berbentuk oval, bagian tepinya bergerigi dan mambentuk celah – celah menyirip agak melengkung kedalam. Daun berwarna hijau dan merupakan daun majemuk ganjil yang berjumlah 5 – 7. Ukuran daun sekitar (15 – 30 cm) x (10 x 25 cm) dengan panjang tangkai sekitar 3 – 6 cm. diantara daun yang berukuran besar biasanya tumbuh 1 – 2 daun yang berukuran kecil. Daun majemuk pada tanaman tomat tumbuh berselang seling atau tersusun spiral mengelilingi batang tanaman. 

Morfologi Bunga
Bunga tanaman tomat berukuran kecil, berdiameter sekitar 2 cm dan berwarna kuning cerah. Kelopak bunga yang berjumlah 5 buah dan berwarna hijau terdapat pada bagian bawah atau pangkal bunga. Bagian lain pada bunga tomat adalah mahkota bunga, yaitu bagian terindah dari bunga tomat. Mahkota bunga tomat berwarna kuning cerah, berjumlah sekitar 6 buah dan berukuran sekitar 1 cm. bunga tomat merupakan bunga sempurna, karena benang sari atau tepung sari dan kepala benang sari atau kepala putik terletak pada bunga yang sama. Bunganya memiliki 6 buah tepung sari dengan kepala putik berwarna sama dengan mahkota bunga, yakni kuning cerah. Bunga tomat tumbuh dari batang (cabang) yang masih muda.

Morfologi Buah
Buah tomat memiliki bentuk bervariasi, tergantung pada jenisnya. Ada buah tomat yang berbentuk bulat, agak bulat, agak lonjong, bulat telur (oval), dan bulat persegi. Ukuran buah tomat juga sangat bervariasi, yang berukuran paling kecil memiliki berat 8 gram dan yang berukuran besar memiliki berat sampai 180 gram. Buah tomat yang masih muda berwarna hijau muda, bila sudah matang warnanya menjadi merah.

Buah tomat yang masih muda memiliki rasa getir dan aromanya tidak enak, sebab masih mengandung zat lycopersicin yang berbentuk lender. Aroma yang tidak sedap tersebut akan hilang dengan sendirinya pada saat buah memasuki fase pematangan hingga matang. Rasanya juga akan berubah menjadi manis agak masam yang menjadi ciri khas kelezatan buah tomat.

Dalam proses pematangan buah terjadi perubahan warna dari hijau muda sedikit demi sedikit berubah menjadi kuning. Pada saat matang optimal, warna buah berubah menjadi cerah.

Buah tomat banyak mengandung biji lunak berwarna putih kekuning – kuningan yang tersusun secara berkelompok dan dibatasi oleh daging buah. Biji tomat saling melekat karena adanya lender pada ruang – ruang tempat biji tersusun.

Daging buah tomat lunak agak keras, berwarna merah apabila sudah matang dan mengandung banyak air. Buah tomat juga memiliki kulit yang sangat tipis dan dapat dikelupas bila sudah matang. Namun, buah tomat tidak harus dikelupas kulitnya terlebih dahulu apabila hendaki dimakan

Macam – macam varietas tomat

Maascross
Varietas ini memiliki batang yang sedang hingga tinggi, berdaun lebar dan berwarna hijau tua. Buah varietas ini berbentuk bulat dan sedang. Warna buah muda hijau merata, daging buahnya agak lunak dan tebal. Kalau sudah tua, buahnya berwarna merah. Tetapi varietas 4ni agak peka terhadap daun busuk dan agak tahan terhadap penyakit layu. Varietas ini sangat cocok di tanam di daratan tinggi, terutama pada musim kemarau. Hasil maksimal dari varietas ini di perkirakan sekitar 47 ton per hektar.

Geraldton Smooth Skin 
Varietas ini berbatang tinggi dan kuat. Daunnya lebar dan berwarna hijau tua. Buahnya bulat agak besar. Daging buah agak keras dan tebal. Warna buah muda hijau pada bagian pangkal dan hijau muda pada bagian lainnya. Kalau sudah masak bertarna merah tua. Varietas /geraldton smooth skin/ agak peka terhadap busuk daun dan penyakit layu. Karenanya, tanaman tomat varietas ini sangat cocok di tanam di dataran tinggi dengan produktivitas yang tinggi pula. Setiap hektar tanaman ini dapat menghasilkan ± 40 ton tiap panennya.

Supermarket (Apel Belgia)
Tomat bervarietas Supermarket ini memiliki batang yang tinggi dan kuat. Daunnya lebar dan berwarna hijau tua. Bentuk buahnya bulat besar. Struktur daging buahnya lunak dan tebal. Buah yang masih muda berwarna agak kehijauan dan sedikit berlekuk. Apabila sudah tua buahnya berwarna merah tua. 

Tanaman ini agak peka terhadap penyakit daun busuk dan tahan terhadap penyakit layu. Varietas ini sangat cocok di tanam di dataran tinggi, dan sangat tepat di tanam pada musim kemarau. Hasil panen tanaman tomat ini dapat mencapai 53 ton per hektarnya.

Money Maker
Tomat bervarietas Money Maker ini memiliki batang yang berukuran sedan dan tinggi. Bentuk daun tidak terlalu lebar. Warna daunnya berwarna hijau tua. Bentuk buah bulat sedang. Daging buahnya agak lunak dan tebal. Buah yang masih muda berwarna muda hijau. Sedangkan buah yang sudah masak berwarna merah muda. Seperti beberapa jenis varietas sebelumnya, Tanaman ini juga tahan terhadap daun busuk dan penyakit layu. Varietas jenis ini baik di tamam di dataran tinggi, dan tepat di tanam pada musim kemarau seperti vasietas Supermarket, namun hasil yang di peroleh lebih sedikit yaitu ±45 ton per hektar di banding varietas supermarket yang dapat mencapai 53 ton perhektarnya.

Roma
Batangnya sedang sampai rendah dan kuat. Bentuk daunnya agak lebar dan berwarna hijau muda. Buahnya berbentuk lonjong, berukuran sedang dan sedikit persegi dengan ujung tumpul hingga runcing. Daging buah tipis, kulit buahnya tebal dan agak keras. Buah yang masih muda berwarna hijau keputih-putihan, sedangkan kalau sudah masak berwarna merah muda.

Varietas ini peka terhadap daun busuk, penyakit layk bakteri dan Fusarium. Tanaman ini baik di tanam di dataran tinggi. Hasil panen lumayan sedikit, yaitu ± 24 ton per hektar.

VC-11-1
Varietas ini memiliki batang yang agak pendek, berukuran kecil dan memiliki banyak cabang. Daunnya tidak terlalu lebar, dan warnanya hijau muda. Buahnya berbentuk bulat dan sedang. Daging buah lumayan tebal dan keras. Buah yang masih muda berwarna hijau muda. Warna buah masak merah muda sampai merah tua. Varietas ini peka terhadap layu dan busuk daun. Tanaman ini baik di tanam di dataran rendah (/head tolerant/) dan dapat juga di tanam di dataran tinggi. Hasilnya juga sedikit yaitu sekitar 19 ton perhektarnya.

AV-33
Varietas ini batangnya pendek, tidak terlalu besar dan tidak bamyak cabang. Daunnya tidak terlalu lebar, berwarna hijau muda. Buahnya berbentuk bulat kecil sampai sedang. Daging buahnya tebal dan agak keras Varietas ini bak dapat ditanam di dataran remdah dan juga dataran tinggi. Produksi di perkirakan 23 ton per-hektarnya.

AV-15
Batangnya pendek tidak terlalu besar dan tidak banyak cabang. Daunnya tidak terlalu lebar dan berwarna hijau. Buahnya bulat dan dagingnya tebal agak keras. Buah mudanya berwarna hijau dan kalau sudah masak berwarna merah.AV―15 juga baik di tanam di dataran rendah maupun tinggi. Hasil perhektar ± 23 ton tiap masa panen.

Bonset
Batangnya tinggi dan ramping. Berdaun tidak terlalu lebar dan berwarna hijau muda. Buahnya berbentuk bulat dan berukuran sedang. Daging buah padat dan dan tebal. Warna buah muda putih, sedangkan merah muda bila sudah masak. Varietas bonset agak tahan terhadap busuk daun maupun penyakit layu. 

Mirah
Buah tomat dari varidtar ini bentuknya bulat dan agak gepeng, warna buah masak merah dan rasanya manis. Daya tahan simpan buah dapat mencapai 8 hari. Tanaman ini mulai dapat di panen pada umur 55-59 hari setelah tanam. 

Tomat Determinate dan Indeterminate
Tomat determinate adalah jenis tomat yang pertumbuhannya terbatas, artinya adalah tomat yang hanya bisa berbuah dalam sekali musim, setelah itu tanaman tomat tersebut tidak akan berbuah lagi sedangkan tomat indeterminate adalah tomat yang pertumbuhannya tidak terbatas yang artinya tanaman tomat tersebut mampu tumbuh dan berbuah lebih dari satu musim. 

Tomat determinate biasanya merupakan tomat yang tumbuh didataran tinggi sedangakan tomat indeterminate merupakan tomat yang tumbuh didataran rendah, walaupun sebenarnya tanaman tomat tidak terlalu berpengaruh terhadap ketinggian tanah.

Salah satu contoh varietas tomat determinate adalah tomat jenis varietas Priceos 375 asal Taiwan sedangkan contoh tomat indeterminate adalah tomat dengan jenis varietas money maker.


Dari penjelasan-penjelasan diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa tanaman tomat memiliki ciri – ciri morfologi yang berbeda disetiap varietasnya, tomat, berdasarkan syarat tumbuhnya, memiliki dua jenis yaitu tomat pada dataran tinggi dan tomat pada dataran rendah, namun sebenarnya tomat tidak terlalu berpengaruh pada ketinggian tempat tanam, namun hal yang paling mempengaruhi pertumbuhan tomat adalah kualitas tanah, banyaknya sinar matahari dan curah hujan.

Tomat determinate adalah jenis tomat yang pertumbuhannya terbatas, artinya adalah tomat yang hanya bisa berbuah dalam sekali musim, setelah itu tanaman tomat tersebut tidak akan berbuah lagi sedangkan tomat indeterminate adalah tomat yang pertumbuhannya tidak terbatas yang artinya tanaman tomat tersebut mampu tumbuh dan berbuah lebih dari satu musim.


No comments: