Pages

Friday, October 19, 2012

ALAT TEST DHL MOL DAN POC

ALAT TEST DHL MOL DAN POC 
Modifikasi alat test hara tanah yang sederhana, yang dilakukan oleh A. Rachmaniar M, SP., MP dan Irwan Syarif, SP menjadi ALAT TEST DHL MOL DAN POC  untuk di gunakan dalam pengukuran Daya Hantar Listrik (DHL) dari mol dan pupuk cair yang akan dimanfaatkan dalam pengaplikasian ketanaman pertanian.

Gb.3 alat di celeup pada  sampel air bilasan
Gb. 1 mol dan poc sampel percobaan
  

Gb.2 ujung indikator alat di celup pada air
Hati-hati ketika jack menancap pada stop kontak!! Jangan memegang  ujung alat pengukur mol dan poc atau yang terhubung olehnya. Contoh: Jangan menyentuh  air beserta pengaduknya ketika sedang diukur kesuburannya (ketika ujung alat masih menancap di larutan tersebut).

prinsip kerja alat ini tetap memerlukan daya arus listrik untuk mengoperasikannya. Apabila alat ini di celupkan kedalam air (aguadest), bohlam pijar akan menyala akan tetapi cahayanya cuman nampak seperti bara yang nampak di kumparan seperti pada gambar 2 di atas.
Bagian-bagian alat pengukur  DHL Mol dan POC terdiri  dari:
  1. stecker/ jack
  2. kabel
  3. pipa paralon 3/4 inci
  4. bohlam pijar 
  5. multitester
  6. dob lampu
Berikut nampak gambar cahaya lampu pijar dari pengujian alat yang di celupkan pada mol dan poc, yang kesemuanya memiliki nilai DHL yang berbeda yang tertera pada multitester.





hasil pengujian alat menunjukkan mol yang dibuat oleh Mahasiswa Pertanian UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

1 comment:

ulaweng info said...

bagaimana cara menggunakan AVO meter pada alat test ini. mohon penjelasannya